EFEKTIFITAS KONSELING PERORANGAN REBT UNTUK MENGATASI MOTIVASI BELAJAR RENDAH PADA ANAK BERBAKAT BERPRESTASI KURANG (UNDERACHIEVER) DI SMA SEMESTA GUNUNGPATI SEMARANG


Beny Ida Suryani, 1301407038 (2013) EFEKTIFITAS KONSELING PERORANGAN REBT UNTUK MENGATASI MOTIVASI BELAJAR RENDAH PADA ANAK BERBAKAT BERPRESTASI KURANG (UNDERACHIEVER) DI SMA SEMESTA GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS KONSELING PERORANGAN REBT UNTUK MENGATASI MOTIVASI BELAJAR RENDAH PADA ANAK BERBAKAT BERPRESTASI KURANG (UNDERACHIEVER) DI SMA SEMESTA GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS KONSELING PERORANGAN REBT UNTUK MENGATASI MOTIVASI BELAJAR RENDAH PADA ANAK BERBAKAT BERPRESTASI KURANG (UNDERACHIEVER) DI SMA SEMESTA GUNUNGPATI SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan salah satu aspek penting yang menjadi penentu seseorang dikatakan sukses belajar. Jika terjadi kesenjangan antara IQ atau potensi akademik siswa dengan pencapaian hasil belajar, maka kondisi demikian disebut dengan underachiever. Keberbakatan anak bersifat multidimensional. Umumnya anak-anak berbakat memiliki kemampuan-kemampuan khusus seperti, kemampuan intelektual umum, kemampuan akademik khusus, kemampuan berpikir secara kreatif-produktif, kemampuan dalam salah satu bidang seni, kemampuan psikomotorik, dan kemampuan psikososial atau bakat kepemimpinan. Begitupun juga dengan siswa yang berbakat akademik. Idealnya siswa dengan IQ diatas rata-rata atau tinggi sebanding dengan hasil belajar atau SKMnya memenuhi di atas rata-rata siswa akan tetapi fenomena yang terjadi di SMA Semesta Gunungpati Semarang didapati kasus siswa dengan IQ tinggi atau di atas rata-rata tetapi menduduki peringkat bawah kelas dengan nilai rata-rata siswa. Peneliti akan mendalami kasus tersebut dari salah aspek penting belajar, yakni motivasi. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian pre experiment one group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini, siswa kelas XI dan XII masalah underachiever sebanyak 6 siswa (LV, AG, ZD, NF, SF, VD). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi nilai siswa (leger) dan skala motivasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil pre-test skala motivasi menunjukkan bahwa terdapat 4 siswa berada pada kriteria motivasi sedang dan 2 siswa yang lain rendah. Adapun rata-rata hasil prosentase pre tes sebesar 60,98 % (sedang). Hasil pos tes menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan konseling REBT terdapat perubahan prosentase motivasi siswa, 6 siswa masuk ketegori tinggi dengan rata-rata prosentase 77,04% (tinggi) .Hasil uji wilcoxon menunjukkan rata-rata T hitung = 21,0 > T tabel = 0,0 pada n = 6 maka Ha yang menyatakan konseling REBT efektif meningkatkan motivasi belajar siswa diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah masalah motivasi belajar rendah pada siswa yang terindikasi underachiever dapat diatasi melalui konseling perorangan dengan pendekatan rational emotive behavior theraphy (REBT). Hal ini dibuktikan dengan hasil skala motivasi dan UCA. Saran bagi konselor, hendaknya penelitian ini dapat menjadi referensi dalam mengatasi masalah motivasi belajar pada siswa yang terindikasi underachiever melalui penerapan konseling REBT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, anak berbakat, underachiever, konseling rational emotive behavior theraphy (REBT)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:30
Last Modified: 22 May 2014 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17819

Actions (login required)

View Item View Item