MENINGKATKAN KETRAMPILAN ETIKA PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 DEMAK TAHUN AJARAN 2011/2012


Sri Muhayati, 1301407023 (2013) MENINGKATKAN KETRAMPILAN ETIKA PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 DEMAK TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETRAMPILAN ETIKA PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 DEMAK TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KETRAMPILAN ETIKA PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 DEMAK TAHUN AJARAN 2011/2012) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Demak Tahun Ajaran 2011/ 2012 menunjukkan rendahnya ketrampilan etika pergaulan siswa, yaitu tidak sopan, kurang toleransi, suka mengejek teman dan berbicara dengan katakata yang tidak baik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan layanan bimbingan kelompok. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ketrampilan etika pergaulan siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Demak dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan ketrampilan etika pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII F SMP Neger 3 Demak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP N 3 Demak tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 10 siswa yang memiliki ketrampilan etika bergaul tinggi dan ketrampilan etika bergaul rendah. Hal ini bertujuan agar heterogenitas dan homogenitas kelompok terpenuhi, sehingga dinamika kelompok dapat tercipta dan tujuan layanan bimbingan kelompok yaitu untuk meningkatkan ketrampilan etika pergaulan siswa dapat terwujud. Alat Pengumpulan data menggunakan skala perilaku ketrampilan etika pergaulan yang diberikan sebelum (evaluasi awal) dan sesudah pemberian perlakuan (evaluasi akhir). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik nonparametrik yaitu dengan uji Wilcoxon dan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan etika pergaulan siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kriteria rendah dengan presentase rata-rata sebesar 46.29% dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan presentase 87.23%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 40.94%. Simpulan penelitian ini adalah ketrampilan etika pergaulan siswa kelas VIII F SMP N 3 Demak tahun ajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan Konselor di sekolah dapat melaksanakan bimbingan kelompok dengan sebaikbaiknya guna membantu meningkatkan ketrampilan etika pergaulan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan etika pergaulan dan layanan bimbingan kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:30
Last Modified: 22 May 2014 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17818

Actions (login required)

View Item View Item