HUBUNGAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN KEMAMPUAN RALLY GROUNDSTROKE TENIS PADA MAHASISWA SEMESTER IV JURUSAN PJKR UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG TAHUN 2013


Noor Setyo Utomo, 6301409157 (2013) HUBUNGAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN KEMAMPUAN RALLY GROUNDSTROKE TENIS PADA MAHASISWA SEMESTER IV JURUSAN PJKR UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN KEMAMPUAN RALLY GROUNDSTROKE TENIS PADA MAHASISWA SEMESTER IV JURUSAN PJKR UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (HUBUNGAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN KEMAMPUAN RALLY GROUNDSTROKE TENIS PADA MAHASISWA SEMESTER IV JURUSAN PJKR UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Groundstroke merupakan jenis pukulan dalam tenis yang dilakukan terhadap bola yang sudah menyentuh tanah dan dapat dilakukan dengan gaya forehand atau backhand dari sisi badan. Dalam melakukan rally groundstroke tenis, faktor psikologi IQ dan EQ diduga memberi pengaruh pada kemampuan rally groundstroke tenis. Permasalahan dalam penelitian ini : 1) Apakah ada hubungan IQ dengan kemampuan rally groundstroke tenis, 2) Apakah ada hubungan EQ dengan kemampuan rally groundstroke tenis, 3) Apakah ada hubungan IQ dan EQ dengan kemampuan rally groundstroke tenis pada mahasiswa semester IV Jurusan PJKR Universitas Wahid Hasyim Semarang tahun 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan teknik tes. Populasi penelitian mahasiswa semester IV Jurusan PJKR Universitas Wahid Hasyim Semarang tahun 2013. Dari populasi tersebut diambil secara acak (random sampling) 30 mahasiswa sebagai sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah IQ sebagai X1, EQ sebagai X2, dan sebagai variabel terikatnya adalah kemampuan rally groundstroke tenis. Instrument yang digunakan adalah 1) tes IQ, 2) tes EQ, dan 3) tes kemampuan rally groundstroke tenis. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda dengan taraf signifikan 5%. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 15. Hasil analisis data diperoleh 1) Ada hubungan signifikan antara IQ dengan kemampuan rally groundstroke tenis dengan koefisien korelasi sebesar 0.507, 2) Ada hubungan signifikan antara EQ dengan kemampuan rally iii groundstroke tenis dengan koefisien korelasi sebesar 0.691, 3) Ada hubungan signifikan antara IQ dan EQ dengan kemampuan rally groundstroke tenis dengan koefisien korelasi sebesar 0.822. Simpulan penelitian bahwa ada hubungan yang signifikan baik secara parsial dan keseluruhan antara IQ dan EQ dengan kemampuan rally groundstroke tenis. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) Faktor IQ berhubungan dengan kemampuan rally groundstroke dalam tenis, maka pemain tenis disarankan untuk melakukan latihan rally groundstroke tenis dengan mendengarkan setiap instruksi yang diberikan oleh pelatih ataupun dosen serta mampu memahami dan mengaplikasikannya dengan baik. 2) Faktor EQ berhubungan dengan kemampuan rally groundstroke dalam tenis, maka pemain tenis harus dapat menangani perasaan emosi dengan baik, serta tidak terburu-buru dalam melakukan pukulan agar rekan main saat melakukan rally groundstroke tenis dapat mudah mengembalikan, dan pukulan yang dihasilkan akan maksimal dan tepat sasaran. 3) Bagi pelatih maupun dosen supaya memperhatikan faktor psikologis (IQ dan EQ) mahasiswa dalam latihan agar dapat meningkatkan kemampuan rally groundstroke tenis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intelligence Quotient, Emotional Quotient, Rally Groundstroke Tenis
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:30
Last Modified: 22 May 2014 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item View Item