HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMANGGUNG TAHUN 2013


Huta Hen Rhestu, 6301409124 (2013) HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMANGGUNG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMANGGUNG TAHUN 2013]
Preview
PDF (HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMANGGUNG TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesegaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah tanpa merasa lelah berlebihan dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain. Melalui kesegaran jasmani yang baik, sudah pasti siswa akan mampu dalam menerima dan menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru sehingga tujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul dalam segala aspek akan dapat terealisasikan. Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimana tingkat kesegaran jasmani siswa dan hasil belajar siswa, serta hubungan antara tingkat kesegaran jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa dan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui hubungan antara tingkat kesegaran jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung yang berjumlah 92 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode survey dengan metode Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan dokumentasi. Data dari hasil tes diolah dengan menggunakan komputerisasi dengan sistem SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan : 1) tingkat kesegaran jasmani siswa putra kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung dalam kategori sedang. 2) hasil belajar siswa putra kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung dalam kategori baik. 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar siswa putra kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung tahun 2013. Saran : bagi siswa diharapkan selalu menjaga dan memperbaiki kesegaran jasmaninya sebagai bekal utama melakukan proses belajar. Karena dengan kesegaran jasmani yang baik akan mampu meningkatkan kemauan dan kemampuan dalam menerima dan memahami pembelajaran dengan baik. Bagi guru senantiasa memantauan kesegaran jasmani siswa melalui tes kesegaran jasmani yang mempu menciptakan kesadaran siswa untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmani sebagai bekal utama melakukan proses belajar. Bagi sekolah supaya menyediakan perlengkapan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) karena dengan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dapat mengetahui seberapa baik tingkat kesegaran jasmani siswa. Bagi peneliti yang lain dapat menjadikan tulisan ini sebuah referensi guna penelitian dan pengembangan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani dan Hasil Belajar
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:34
Last Modified: 22 May 2014 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17815

Actions (login required)

View Item View Item