PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR


Amarulloh, 5201408063 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran di SMK Al hikmah 1 Sirampog cenderung berpusat pada guru (teacher centered), pembelajaran ini kurang mengena atau siswa kurang paham tentang pembelajarannya. Dalam penelitian ini peneliti memunculkan pembelajaran yang berbeda agar siswa dapat berinovasi sendiri tentang hasil belajarnya. Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat kerja proyek sesuai dengan kompetensi belajarnya, dalam pembelajaran berbasis proyek siswa membuat desain dan hasil kerjanya dalam kompetensi perbaikan sistem pengapian elektronik cdi ac program keahlian teknik kendaraan ringan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR, terdapat empat kelas untuk yang mengambil jurusan TKR dan jumlah populasinya sebanyak 124 siswa. Sampel yang digunakan adalah 29 siswa kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata – rata hasil belajar pada test pre test mencapai (46,93) dan setelah diberikan metode pembelajaran konvensional meningkat menjadi (73,17), sehingga pada kelas kontrol setelah diberikan metode konvensional mengalami peningkatan rata – rata mencapai (26,24) dan pada kelas eksperimen rata–rata hasil belajar pada test pre test mencapai (48,55) dan setelah diberikan metode pembelajaran berbasis proyek meningkat menjadi (80,14), sehingga pada kelas eksperimen setelah diberikan metode pembelajaran berbasis proyek meningkat mencapai (31,59). Berdasarkan hasil uji t nilai post test kompetensi perbaikan sistem pengapian ternyata ada perbedaan hasil belajar perbaikan sistem pengapian setelah menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran berbasis proyek, perbaikan sistem pengapian

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran berbasis proyek, perbaikan sistem pengapian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:34
Last Modified: 22 May 2014 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item