PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETUREN KOTA TEGAL
Arif Septianto Hidayat, 1401409278 (2013) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETUREN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETUREN KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran Matematikapada siswa kelas V SD Negeri Keturen Kota Tegal cenderung memaksimalkan peran guru dan meminimalkan peran serta keterlibatan siswa. Hal ini mengakibatkan minat belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa belum maksimal.Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru adalah dengan menerapkan model pembelajaranTeams Games Tournamentuntuk membelajarkan materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Keturen Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan pre testdan tes formatif pada tiap akhir siklus. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan angket minat belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan pengamatan performansi guru. Nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre tesmencapai 55,47. Nilai rata-rata kelas pada hasil tes formatif siklus I mencapai 64,09 meningkat pada siklus II sebesar 10,49 menjadi 74,58 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 36% meningkat sebesar 44 % menjadi 80%.Minat belajar siswa pada pra-tindakan mencapai 49,94% meningkat sebesar 28,75% setelah tindakan menjadi 78,69%.Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 65% meningkat pada siklus II sebesar 10,085% menjadi 75,085% dan mencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi.Perolehan nilai performansi guru melalui APKG 1 dan 2 pada siklus I mencapai 77,205 meningkat sebesar 8,105 pada siklus II menjadi 85,31. Disimpulkan penerapan modelTeams Games Tournamentdapatmeningkatkan pembelajaran Matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Keturen KotaTegal. Disarankan guru kelas V sekolah dasar dapat menerapkan model Teams Games Tournament dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, pecahan, model Teams Games Tournament, siswa sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 1771 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 11:34 |
Last Modified: | 22 May 2014 11:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17804 |
Actions (login required)
View Item |