STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS X SMK N 1 BREBES


Nur Azmi Bekti Riyani , 7101408184 (2013) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS X SMK N 1 BREBES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS X SMK N 1 BREBES]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS X SMK N 1 BREBES)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran. Hasil observasi awal di SMK N 1 Brebes diperoleh data bahwa pembelajaran akuntansi siswa kelas X Akuntansi memiliki indikasi belum mencapai KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diterapkan model pembelajaran yang lebih inovatif seperti Problem solving dan STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran STAD pada kompetensi dasar Jurnal umum siswa kelas SMK N 1 Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK N 1 Brebes tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 123 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, kelas X Ak 2 sebagai kelas eksperimen I (STAD) dan kelas X Ak 3 sebagai kelas eksperimen II (Problem solving). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes. Analisa data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap awal (pre test) untuk memadankan kelompok eksperimen I dan II dengan menggunakan uji normalitas, uji kesamaan dua varian, dan uji kesamaan dua rata-rata. Tahap akhir (post test) dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan model pembelajaran STAD dan problem solving dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 71,47 dan post-test sebesar 91,52 pada kelas eksperimen I. Begitu juga kelas eksperimen II yang menggunakan model problem solving rata-rata nilai pre test 70,56 setelah post test menjadi 84,92. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen I (STAD) lebih tinggi dibandingkan post-test kelas eksperimen II (problem solving), penyusun menyarankan agar guru akuntansi dalam pembelajaran kompetensi dasar jurnal umum pada perusahaan jasa dengan menggunakan model STAD karena terbukti lebih efektif daripada dengan menggunakan model problem solving.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi, Model STAD, Problem Solving, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2013 11:03
Last Modified: 24 Oct 2013 11:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17797

Actions (login required)

View Item View Item