PEMBELAJARAN MODEL CPS BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MATERI GEOMETRI KELAS VIII


Khozinatul Umuroh, 4101409138 (2013) PEMBELAJARAN MODEL CPS BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MATERI GEOMETRI KELAS VIII. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMBELAJARAN MODEL CPS BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MATERI GEOMETRI KELAS VIII] Microsoft Word (PEMBELAJARAN MODEL CPS BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MATERI GEOMETRI KELAS VIII)
Download (18MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ketuntasan belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model CPS berbantuan LKPD pada kemampuan berpikir kreatif materi Geometri kelas VIII, (2) membandingkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik model CPS berbantuan LKPD dengan model ekspositori pada kelas VIII SMP Negeri 6 Temanggung, (3) Menganalisis peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan LKPD, dan (4) menganalisis pengaruh aktivitas peserta didik yang ditimbulkan oleh model CPS berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 6 Temanggung. Dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan belajar, uji kesamaan dua ratarata, uji kesamaan dua proporsi, uji gain, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 83,9 dan kelas kontrol 78,8. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal kelas eksperimen adalah 96,67 % dan kelas kontrol 80 %. Dari hasil analisis uji ketuntasan belajar diperoleh bahwa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar. Hasil analisis uji kesamaan dua rata-rata dan uji kesamaan dua proporsi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis uji gain menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen meningkat dan dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih dari peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh bahwa keaktifan peserta didik berpengaruh terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebesar 76%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model CPS berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif materi Geometri kelas VIII. Peneliti menyarankan bahwa guru matematika kelas VIII SMP Negeri 6 Temanggung dalam menyampaikan materi volume prisma dan limas dapat menggunakan pembelajaran CPS berbantuan LKPD untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CPS, Geometri, Kemampuan Berpikir Kreatif, LKPD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2013 11:00
Last Modified: 24 Oct 2013 11:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17795

Actions (login required)

View Item View Item