KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGITIGA KELAS VII


Muhlisin , 4101409123 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGITIGA KELAS VII. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGITIGA KELAS VII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGITIGA KELAS VII)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama dalam dunia pendidikan matematika di Indonesia adalah rendahnya prestasi siswa dan kurangnya minat mereka dalam belajar matematika. Berdasarkan masalah tersebut diperlukan pembelajaran matematika yang inovatif. Salah satu bentuk dari pembelajaran yang inovatif adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dipadukan dengan teknologi komputer. Dalam penelitian ini model pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah model Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan software Geometer’s Sketchpad (GSP). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah (1) banyaknya siswa yang mencapai KKM pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan software GSP lebih dari 75%? (2) rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model model pembelajaran TPS berbantuan software GSP lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS saja dan siswa yang diajar dengan metode ekspositori? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4Demak tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling dan terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran model TPS berbantuan software GSP, kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran model TPS dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran metode ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 1 telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan uji anova satu jalur diperoleh rata-rata ketiga kelas sampel berbeda signifikan dan hasil uji lanjut LSD menunjukkan rata-rata kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas segitiga yang diajar dengan model pembelajaran TPS berbantuan software GSP dapat mencapai KKM dan lebih baik daripada hasil tes kemampuan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS saja dan metode ekspositori. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah agar guru dapat menerapkan model pembelajaran TPS dipadukan dengan software GSP dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswapada materi segitiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model Pembelajaran TPS, Geometer’s Sketchpad (GSP), Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2013 10:59
Last Modified: 24 Oct 2013 10:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17793

Actions (login required)

View Item View Item