KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI FUNGSI KUADRAT


Krida Singgih Kuncoro, 4101409121 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI FUNGSI KUADRAT. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI FUNGSI KUADRAT]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MOUSE MISCHIEF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI FUNGSI KUADRAT)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya pembelajaran matematika di SMA yang monoton membuat aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Mouse Mischief digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi matematika dengan membangun proses komunikasi antara siswa, guru, dan bahan ajar yang dapat mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan dan umpan balik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mouse Mischief terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Fungsi Kuadrat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji perbedaan rata-rata untuk menguji hipotesis penelitiannya. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika sedangkan variabel bebasnya adalah pembelajaran TPS berbantuan Mouse Mischief dan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2012/2013 yang berada dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran TPS berbantuan Mouse Mischief dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas yang menerapkan pembelajaran TPS berbantuan Mouse Mischief telah mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal dan hasil belajar siswa kelas yang menerapkan pembelajaran TPS berbantuan Mouse Mischief lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas yang menerapkan pembelajaran ekspositori. Simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat dengan model pembelajaran TPS berbantuan Mouse Mischief dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran ekspositori. Peneliti menyarankan bahwa model pembelajaran TPS berbantuan Mouse Mischief tersebut dapat digunakan pada pembelajaran materi fungsi kuadrat sebagai upaya guru untuk meningkatkan tanggapan dan umpan balik siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Think Pair Share, Mouse Mischief
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2013 10:58
Last Modified: 24 Oct 2013 10:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17792

Actions (login required)

View Item View Item