BERKREASI SENI GRAFIS DENGAN MEMANFAATKAN PENAMPANG TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI MINDAKA 02 KABUPATEN TEGAL


Rina Kusuma Punofiati, 2401408006 (2013) BERKREASI SENI GRAFIS DENGAN MEMANFAATKAN PENAMPANG TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI MINDAKA 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BERKREASI SENI GRAFIS DENGAN MEMANFAATKAN PENAMPANG TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI MINDAKA 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (BERKREASI SENI GRAFIS DENGAN MEMANFAATKAN PENAMPANG TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI MINDAKA 02 KABUPATEN TEGAL)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kompetensi tentang seni grafis harus disajikan pada siswa SD khususnya pada siswa kelas II, sehingga siswa tidak hanya memperoleh pengalaman berekspresi tentang gambar atau lukis saja, namun mereka juga dibekali dengan pengalaman berkarya grafis. Melakukan kegiatan mencetak di SD dapat juga dilakukan dengan teknik sederhana, yakni menggunakan alat dan bahan sederhana, murah, aman, dapat diperoleh dari lingkungan, dikenal serta digemari siswa SD. Permasalahan dalam penelitian ini, bagaimana pelaksanaan dan hasil berkreasi seni grafis dengan memanfaatkan penampang tumbuhan bagi siswa kelas II SD Negeri Mindaka 02 Kabupaten Tegal. Faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam berkreasi seni grafis dengan memanfaatkan penampang tumbuhan bagi siswa kelas II SD Negeri Mindaka 02 Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil karya dalam berkreasi seni grafis dengan memanfaatkan penampang tumbuhan bagi siswa kelas II SD Negeri Mindaka 02 Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini meliputi pelaksanaan pembelajaran berkreasi seni grafis dengan memanfaatkan penampang tumbuhan di SD Negeri Mindaka 02 Kabupaten Tegal, hasil karya siswa kelas II SD Negeri Mindaka 02 dalam pembelajaran berkreasi seni grafis dengan memanfaatkan penampang tumbuhan; (3) faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran berkreasi seni grafis dengan memanfaatkan penampang tumbuhan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni grafis dengan memanfaatkan penampang tumbuhan di SD Negeri Mindaka 02 dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Hasil karya seni grafis dengan memanfaatkan penampang tumbuhan menunjukkan bahwa persentase karya dengan kategori baik 8 siswa, 18 siswa kategori cukup dan 14 siswa kategori kurang. Faktor pendukungnya meliputi, lingkungan sekitar sekolah yang memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik dalam keanekaragaman penampang tumbuhan, adanya perhatian dari pimpinan sekolah terhadap kesenian. Salah satu dari faktor penghambatnya ialah kurangnya dorongan dari orang tua siswa terhadap seni rupa. Saran peneliti yang dapat diberikan adalah: (1) guru perlu lebih dapat memanfaatkan waktu pembelajaran dengan mengorganisasikan strategi dan metode pembelajaran secara baik, (2) guru perlu menambah materi pembelajaran yang dapat diambil dari berbagai sumber seperti buku-buku grafis, buku pelajaran, internet, makalah, majalah, koran, dan hasil penelitian serta pengadaan buku paket seni budaya dan keterampilan bagi siswa, sehingga siswa dapat belajar sendiri, (3) guru perlu membagi jam pembelajaran seni rupa agar sesuai dengan kurikulum yang ada, (4) guru perlu memberikan pelajaran seni grafis yang seimbang antara ranah apresiasi dan kreasi agar terciptanya tujuan dari pembelajaran seni grafis tersebut, (5) guru perlu memberikan materi tentang teknik seni grafis yang lain seperti kolase.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:46
Last Modified: 22 May 2014 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17791

Actions (login required)

View Item View Item