Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pecabean Kabupaten Tegal.


Risa Yuni Setyowati, 1401409168 (2013) Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pecabean Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pecabean Kabupaten Tegal.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pecabean Kabupaten Tegal.)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama pada materi menulis narasi. Hal ini dikarenakan materi menulis narasi merupakan salah satu materi pelajaran yang cukup sulit. Guru belum mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga materi menulis narasi dapat dipahami oleh siswa. Permasalahan ini mendorong penulis untuk meneliti keefektifan model pembelajaran picture and picture dalam menulis narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar menulis narasi pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pecabean. Penelitian digunakan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pecabean tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 44 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes. Data hasil belajar diperoleh dari tes pilihan ganda dan tes uraian. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T Tes. Rata-rata nilai hasil belajar kelompok kontrol yaitu 71,84 dan kelas eksperimen 78,76. Karena nilai hasil belajar berdistribusi normal dan homogen, maka uji hipotesis menggunakan independent sample t test. Hasil uji t menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran picture and picture dan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji independent sample t test, besarnya nilai ttabel dengan dk 42 dan taraf kesalahan 5% untuk uji 2 pihak yaitu 2,000. Berdasarkan nilai pada kolom variances assumes diperoleh nilai thitung = 3,428. Karena nilai thitung > ttabel (3,428>2,000) maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture terbukti efektif digunakan pada materi menulis narasi. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran picture and picture dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama materi menulis karangan narasi. Pihak sekolah mampu memberikan dukungan dan partisipasinya sehingga pembelajaran dapat optimal. Siswa juga hendaknya lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, Picture and Picture, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:46
Last Modified: 22 May 2014 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17783

Actions (login required)

View Item View Item