PENERAPAN PANEL PERAGA AC MOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SISTEM AC DAN KOMPONENNYA


Miftachul Huda, 5201408038 (2013) PENERAPAN PANEL PERAGA AC MOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SISTEM AC DAN KOMPONENNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PANEL PERAGA AC MOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SISTEM AC DAN KOMPONENNYA]
Preview
PDF (PENERAPAN PANEL PERAGA AC MOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SISTEM AC DAN KOMPONENNYA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama ini hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah Kudus kelas XI pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sistem AC dan Komponennya belum tuntas. Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa salah satu diantaranya adalah kurangnya media yang memadai sebagai sarana pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai hasil belajar dengan menggunakan penerapan media panel peraga serta besar peningkatan hasil belajar kompetensi dasar mengidentifikasi sistem AC dan komponennya dengan menggunakan penerapan panel peraga AC mobil Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR, terdapat tiga kelas untuk yang mengambil jurusan TKR dan jumlah populasinya sebanyak 114 siswa. Sampel yang digunakan adalah 37 siswa kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai 47,05 dan setelah diberikan media ceramah biasa meningkat menjadi 74,03, sehingga pada kelas kontrol setelah diberikan metode ceramah biasa mengalami peningkatan rata-rata mencapai 26,98 dan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai 47,51 dan setelah diberikan media ceramah disertai penerapan panel peraga meningkat menjadi 80,22, sehingga pada kelas eksperimen setelah diberikan metode ceramah disertai penerapan panel peraga mengalami peningkatan rata-rata mencapai 32,71 lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mencapai 26,98. Berdasarkan hasil uji t nilai post-test kompetensi dasar mengidentifikasi sistem AC dan komponennya ternyata ada peningkatan hasil belajar memperbaiki/servis AC setelah penerapanmedia panel peraga sebagai media pembelajaran. Kepada para pengajar disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran dengan media panel peraga karena terbukti melalui penggunaan media panel peraga dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar mengidentifikasi sistemAC dan komponennya siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media panel peraga, memperbaiki/servis AC.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:05
Last Modified: 22 May 2014 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17767

Actions (login required)

View Item View Item