IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MODUL SMART INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MOTOR BAKAR


Ragil Septiyanto Aji, 5201408025 (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MODUL SMART INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MOTOR BAKAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MODUL SMART INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MOTOR BAKAR]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MODUL SMART INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MOTOR BAKAR)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar kompetensi dasar motor bakar dengan model pembelajaran joyfull learning berbantuan modul smart interaktif apakah lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.(2) adakah peningkatan hasil belajar kompetensi dasar motor bakar dengan model pembelajaran joyfull learning berbantuan modul smart interaktif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMKN 3 Kendal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X TKR1 yang terdiri 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 3 yang terdiri 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi,metode obervasi, metode test dan metode angket. Metode dokumentasi digunakan untuk analisis tahap awal yaitu analisis normalitas dan homogenitas yang diambil dari nilai mid semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Metode test dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data hasil belajar kognitif siswa, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Soal test berupa soal pilihan ganda.Sedangkan metode observasi dan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan proses pembelajaran dari observer dan siswa sendiri dari hasil angket tanggapan siswa. Berdasarkan hasil analisis data awal populasi didapat kondisi awal yang relatif sama, dengan demikian sampel yang akan diambil berasal dari populasi normal dan homogen. Setelah dilakukan pre-test kedua kelas sampel dalam hal ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh keterangan bahwa data tersebut memiliki varian dan rata-rata yang relatif sama. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa hasil post-test pada kedua kelompok tersebut mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar sebagai berikut rata-rata kelas kontrol 72,39 dan kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 77,31. Setelah dilakukan uji t ternyata terbukti bahwa secara statistik hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding hasil belajar pada kelas kontrol. Selain itu berdasarkan uji gain yaitu g kelas kontrol 0,534 dan g kelas eksperimen 0,606, jadi dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar kompetensi dasar motor bakar dengan implementasi model pembelajaran joyfull learning berbantuan modul smart interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru khususnya bidang keahlian teknik mesin untuk coba menerapkan model pembelajaran joyfull learning berbantuan modul smart interaktif karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar motor bakar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran joyfull learning, kompetensi dasar motor bakar.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:07
Last Modified: 22 May 2014 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17759

Actions (login required)

View Item View Item