PENERAPAN PANEL PERAGA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 1 TENGARAN


Trisno Abdi Wicaksono, 5201408019 (2013) PENERAPAN PANEL PERAGA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 1 TENGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PANEL PERAGA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 1 TENGARAN]
Preview
PDF (PENERAPAN PANEL PERAGA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 1 TENGARAN)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Mendesain panel peraga sistem penerangan sepeda motor dan menguji cara kerja sistem penerangan sepeda motor, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diterapkan dan tidak diterapkan panel peraga sistem penerangan sepeda motor, (3) Untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan panel peraga sistem penerangan sepeda motor dengan hasil belajar siswa tidak diterapkan panel peraga sistem penerangan sepeda motor. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpulan data penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK N 1 Tengaran dengan jumlah 105 siswa. Sampel diambil dengan metode kluster, kemudian diperoleh 2 kelas, kelas XI TSM 1 sejumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI TSM2 sejumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelompok kontrol akan memperoleh pembelajaran tanpa diterapkan panel peraga sistem penerangan sepeda motor, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran yang diterapkan penel peraga sistem penerangan sepeda motor. Analisis perbedaan hasil belajar dan pembelajaran dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa rata-rata hasil belajar kompetensi dasar mengidentifikasi sistem penerangan sepeda motor pada kelompok kontrol yang semula 45,69 meningkat menjadi 72,43 atau terjadi peningkatan sebesar 58,5%. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar yang semula 46,66 meningkat menjadi 80,09, sehingga terjadi peningkatan sebesar 71,6%. Hasil analisis uji-t nilai post-test juga menunjukan adanya perbedaan hasil belajar kompetensi dasar mengidentifikasi sistem penerangan dengan diterapkan panel peraga, dimana siswa yang diberi pembelajaran dengan panel peraga mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Bahwa pembelajaran dengan diterapkan panel peraga sistem penerangan sepeda motor dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengidentifikasi sistem penerangan sepeda motor. Perlu adanya penelitian serupa pada materi yang sifatnya aplikatif dimana penerapan media pembelajaran berupa alat peraga dapat diterapkan dalam materi tersebut, agar hasil belajar siswa dapat meningkat dengan penerapan media/alat peraga saat pengajaran dilakukan. Kata kunci : penerapan, panel peraga, hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penerapan, panel peraga, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:07
Last Modified: 22 May 2014 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17755

Actions (login required)

View Item View Item