PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PDAM Kabupaten Brebes)


Muhammad Faris Wiedyono , 7311409014 (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PDAM Kabupaten Brebes). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PDAM Kabupaten Brebes)]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PDAM Kabupaten Brebes))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja organisasi yang optimal tidak terlepas dari kinerja anggota, sebagai salah satu faktor yang menentukan kinerja organisasi. Melalui peningkatan peran kepemimpinan transformasional, pemberian motivasi diharapkan kinerja yang dihasilkan lebih optimal. Peningkatan peran kepemimpinan transformasional,dan pemberian motivasi menjadi salah satu faktor yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan PDAM Kabupaten Brebes. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PDAM Kabupaten Brebes yang berjumlah 93 orang dengan sampel sejumlah 93 orang menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dokumentasi dan kuesioner, metode analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan softwere SPSS 16 for Windows. Hasil perhitungan penelitian diperoleh pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan adalah t hitung sebesar 6,255 dengan sig 0,000. Dengan demikian kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja haryawan, Ini berarti semakin tinggi kepemimpinan transformasional pada suatu perusahaan berdampak pada semakin tinggi kinerja pada perusahaan tersebut. Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan t hitung sebesar 5,797 dengan sig 0,000. Dengan demikian motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, ini berarti semakin tinggi motivasi pada suatu perusahaan berdampak pada semakin tinggi kinerja pada perusahaan tersebut. Pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi secara simultan terhadap kinerja adalah F hitung sebesar 54,389 dengan sig 0,000. Perhitungan Koefisiensi determinasi (R2) kepemimpinan transformasional dan motivasi keduanya mempunyai pengaruh terhadap kinerja sebesar 53,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kinerja karyawan dapat dicapai melalui peningkatan peran kepemimpinan transformasional, dan motivasi. Saran bagi PDAM Kabupaten Brebes adalah dengan peran pemimpin memberikan saran atau nasihat teknik yang berkaitan dengan pekerjaan dan pemberian penghargaan oleh perusahaan bagi karyawan yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, , Kinerja Karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:07
Last Modified: 22 May 2014 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17754

Actions (login required)

View Item View Item