Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII


Santi Noviyanti , 4101409076 (2013) Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII]
Preview
PDF (Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Matematika sekolah merupakan mata pelajaran yang dipelajari di setiap jenjang pendidikan. Matematika sekolah juga merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di ujian nasional. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, kemampuan komunikasi matematis khususnya kemampuan komunikasi lisan matematis siswa masih rendah. Selain kemampuan komunikasi lisan matematis siswa yang masih rendah, siswa juga mengalami kesulitan pada materi garis singgung lingkaran. Hal ini diketahui dari pemberian soal pada studi pendahuluan. Selain itu, pemilihan materi ini karena materi garis singgung masuk pada SKL UN. Untuk mengetahui keefektivan pencapaian komunikasi lisan matematis pada materi garis singgung lingkaran dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB, VIIIC, dan VIIIE SMP Negeri 2 Demak. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Teknik pengumpulan data dengan cara tes tertulis, pengamatan, dan tes lisan. Instrumen penelitiannya adalah soal tes tertulis, lembar pengamatan, dan lembar penskoran tes lisan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kemampuan komunikasi lisan matematis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) telah mencapai minimal skor ketuntasan individu. Berdasarkan pengujian proporsi diperoleh hasil kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil uji perbedaan rata-rata. Rata-rata perolehan skor kemampuan komunikasi lisan matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil pengolahan data dengan SPSS 17.00 for windows diperoleh rata-rata perolehan skor kemampuan komunikasi lisan matematis kelas eksperimen adalah 32,5 sedangkan untuk kelas kontrol 22,2667. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) efektif pada pencapaian kemampuan komunikasi lisan matematis siswa. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah diharapkan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran oleh guru mata pelajaran matematika dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti lain yang tertarik dengan permasalahan ini, disarankan untuk menggunakan materi lain dan sampel penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komunikasi lisan, komunikasi matematis, Missouri Mathematics Project,MMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Oct 2013 11:48
Last Modified: 23 Oct 2013 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17748

Actions (login required)

View Item View Item