EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN “SMART MATHEMATICS MODULE” TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI
Mega Eriska R.P. , 4101409069 (2013) EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN “SMART MATHEMATICS MODULE” TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN “SMART MATHEMATICS MODULE” TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI)
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu yang perlu mendapat sorotan dari mata pelajaran matematika di sekolah adalah pemecahan masalah. Namun, justru siswa kesulitan menghadapi soal pemecahan masalah yang ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran matematika guru kurang memberikan banyak latihan soal pemecahan masalah dan sumber belajar yang digunakan tidak berfokus pada pemecahan masalah. Metode drill sebagai metode mengajar memberikan latihan-latihan kepada siswa agar memperoleh keterampilan yang lebih tinggi dan modul sebagai sumber belajar memberikan kesempatan kepada siswa belajar menurut kecepatan masing-masing dengan teknik yang berbedabeda untuk menyelesaikan masalah. Peneliti mencoba menerapkan metode drill berbantuan modul pembelajaran yang diberi nama “Smart Mathematics Module” dalam pembelajaran matematika di SMK Teuku Umar Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module” dapat mencapai ketuntasan belajar siswa aspek kemampuan pemecahan masalah; dan untuk mengetahui apakah ratarata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module” lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan LKS. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Teuku Umar Semarang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Sebagai kelas kontrol terpilih kelas XI AP 1 dan sebagai kelas eksperimen kelas XI AP 2. Data diperoleh dengan metode tes dan data dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menyatakan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module” dapat mencapai ketuntasan belajar di kelas XI AP 2 dari hasil uji proporsi dengan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode drill; pemecahan masalah; modul pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Oct 2013 11:35 |
Last Modified: | 23 Oct 2013 11:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17746 |
Actions (login required)
View Item |