ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENTABILITAS BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KABUPATEN MAGELANG


Lia Dwi Musyarofatun, 7250408094 (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENTABILITAS BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENTABILITAS BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENTABILITAS BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KABUPATEN MAGELANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah rentabilitas bagi perbankan seperti halnya BPR, sebenarnya jauh lebih penting dari pada masalah laba. Laba yang besar saja belumlah menjadi ukuran bahwa bank dapat bekerja secara efisien. Efisiensi baru dapat diketahui dengan membandingkan laba yang diperoleh dengan modal yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. Oleh karena itu, BPR harus lebih memperhatikan bagaimana mempertinggi tingkat rentabilitasnya daripada usaha memperbesar laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh rasio keuangan capital adequacy ratio (CAR), non performing loan (NPL), loan to deposit ratio (LDR) dan efisiensi operasional perusahaan (BOPO) terhadap rentabilitas bank yang diukur dengan return on asset (ROA). Populasi penelitian ini adalah seluruh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang berada di Kabupaten Magelang dan terdaftar pada Bank Indonesia serta mempublikasikan laporan keuangannya. Populasi berjumlah 12 bank. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 11 bank. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah rentabilitas (ROA). Variabel independennya adalah capital adequacy ratio (CAR), non performing loan (NPL), loan to deposit ratio (LDR) dan efisiensi operasional perusahaan (BOPO). Hasil penelitian ini mengindikasi bahwa pertama, variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap ROA. Kedua, CAR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA. Ketiga, NPL berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA. Keempat, LDR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA. Kelima, BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Simpulan penelitian ini yaitu variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap ROA, CAR, NPL dan LDR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, dan BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah faktor-faktor yang mempengaruhi rentabilitas, menambah periode dan memperluas sampel penelitian sehingga akan meningkatkan keakuratan data dan akan diperoleh hasil yang lebih representatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Efisiensi Operasional Perusahaan (BOPO)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:09
Last Modified: 22 May 2014 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17737

Actions (login required)

View Item View Item