PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA KARTU BILANGAN BERINDEKS DI SD NEGERI 04 ASEMDOYONG PEMALANG


Dimas Widi Hidayatullah, 1402408054 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA KARTU BILANGAN BERINDEKS DI SD NEGERI 04 ASEMDOYONG PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA KARTU BILANGAN BERINDEKS DI SD NEGERI 04 ASEMDOYONG PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA KARTU BILANGAN BERINDEKS DI SD NEGERI 04 ASEMDOYONG PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Asemdoyong 04 Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru, belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model STAD berbantuan kartu bilangan berindeks dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru pada kelas V SD Negeri Asemdoyong 04 Kabupaten Pemalang pada materi KPK dan FPB. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru pada pembelajaran tersebut pada siswa kelas V SD Negeri Asemdoyong 04 Kabupaten Pemalang. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Asemdoyong 04 Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 41 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif, pengamatan aktivitas belajar siswa, dan performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar siswa ≥ 60, dengan persentase ketuntasan klasikal minimal 75%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (≥ 71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa 61,46 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,17%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 66,38% dengan kriteria tinggi, dan nilai performansi guru 76,16 (B). Pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa 67,32 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,24%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 76,85% dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai performansi guru 95,35 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa model pembelajaran STAD terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Students Teams Achievement Division.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:09
Last Modified: 22 May 2014 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17735

Actions (login required)

View Item View Item