PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bangsri)


Muhammad Zainuddin, 7101408092 (2013) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bangsri). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bangsri]
Preview
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bangsri)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan unutk belajar yang dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Motivasi ekstern adalah dorongan dari luar diri siswa diantaranya adalah keterampilan mengajar guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah. Ada indikasi bahwa motivasi belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran mengelola sistem kearsipan siswa kelas XI prodi AP di SMK N 1 Bangsri masih kurang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa, dan seberapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa ?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh ketrampilan mengajar guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran mengelola sistem kearsipan di SMK Negeri 1 Bangsri, besarnya pengaruh keterampilan mengajar guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 79 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang mengambil keseluruhan populasi sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 13,445 + 0,154X1 + 0,454X2 + 0,408X3.. Uji F yang diperoleh Fhitung =39.014, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) keterampilan mengajar guru (X1) diperoleh thitung = 2,703, sehingga H1 diterima. Variabel lingkungan keluarga (X2) dan lingkungan sekolah (X3) diperoleh thitung = 4,411 dan 5,098, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) keterampilan mengajar guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen motivasi belajar siswa sebesar 59,4% sehingga H4 diterima. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Lingkungan sekolah (X3) mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap motivasi belajar siswa (Y). Karena masih tergolong unit sekolah baru, maka fasilitas sekolah seperti sarana gedung dan penambahan alat kegiatan praktik sangat perlu untuk di tambah lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:48
Last Modified: 22 May 2014 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17727

Actions (login required)

View Item View Item