PERBEDAAN JUMLAH KEMATIAN LARVA Aedes aegypti SETELAH PEMBERIAN ABATE DIBANDINGKAN DENGAN PEMBERIAN SERBUK SERAI (Andropogon nardus)

Arif Dwi Nugroho, 6450408034 (2013) PERBEDAAN JUMLAH KEMATIAN LARVA Aedes aegypti SETELAH PEMBERIAN ABATE DIBANDINGKAN DENGAN PEMBERIAN SERBUK SERAI (Andropogon nardus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERBEDAAN JUMLAH KEMATIAN LARVA Aedes aegypti SETELAH PEMBERIAN ABATE DIBANDINGKAN DENGAN PEMBERIAN SERBUK SERAI (Andropogon nardus))
Download (3149Kb)

    Abstract

    Penggunaan larvasida sintesis sangat merugikan masyarakat, seperti pencemaran lingkungan dan menyebabkan resistensi. Alternatif untuk mengurangi dampak negatif tersebut adalah dengan menggunakan larvasida nabati yang berasal dari tanaman yaitu serai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui perbedaan jumlah kematian larva Aedes aegypti setelah pemberian abate dibandingkan pemberian serbuk serai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, menggunakan rancangan penelitian post test only with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh larva Aedes aegypti instar III dan IV yang berada di B2P2VRP Salatiga. Sampel berjumlah 400 ekor larva. Analisis data yang dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji independent t-test dengan α= 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan jumlah kematian larva Aedes aegypti setelah pemberian abate dibandingkan dengan pemberian serbuk serai, dapat dilihat dari hasil uji independent t-test, dimana nilai p=0,002 (p<0,05). Saran yang diberikan kepada masyarakat yaitu diharapkan adanya pemberdayaan penggunaan larvasida nabati untuk mengurangi penggunaan larvasida sintesis yang dampaknya sangat merugikan masyarakat. Bagi peneliti lain diharapkan dapat Bagi peneliti lain diharapkan dapat mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai cara menghilangkan bau, warna, dan rasa pada air yang diberi serbuk serai dan pelarut untuk melarutkan serbuk serai.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Abate, Demam Berdarah Dengue (DBD), serbuk serai, larva Aedes aegypti.
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: IndahTP perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 07:47
    Last Modified: 22 May 2014 07:47

    Actions (login required)

    View Item