PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI GUMILIR 05 KABUPATEN CILACAP


Intan Kurnia, 1402408039 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI GUMILIR 05 KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI GUMILIR 05 KABUPATEN CILACAP]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI GUMILIR 05 KABUPATEN CILACAP)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Gumilir 05 Cilacap tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia masih rendah. Dilihat dari hasil belajar Siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 yaitu banyak siswa yang tuntas hanya 25 dari 38. Hal itu disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang inovatif dan cenderung monoton. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan siswa sekolah dasar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Tujuan penerapan model pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan performansi guru. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Selama siklus berlangsung dilakukan observasi terhadap aktivitas siswa dan performansi guru. Tiap akhir siklus dilaksanakan tes formatif. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (≥75) minimal 75%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (≥70). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Gumilir 05 Cilacap. Setelah dilakukan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, diperoleh hasil penelitian berupa peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa, dan performansi guru. Terbukti dari perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus I 85,65 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal 95,62%, pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 96,95 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal 100%. Perolehan hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 75,3% meningkat pada siklus II menjadi 79,54%. Skor performansi guru pada siklus I sebesar 74,48 dengan kriteria B meningkat pada siklus II menjadi 88,16 dengan kriteria A. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, Hasil belajar, PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:11
Last Modified: 22 May 2014 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17715

Actions (login required)

View Item View Item