PERAN HALAQAH DALAM MENANAMKAN NILAI DAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA KADER PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KABUPATEN PEKALONGAN


Muhamad Zabidin, 3301409005 (2013) PERAN HALAQAH DALAM MENANAMKAN NILAI DAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA KADER PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN HALAQAH DALAM MENANAMKAN NILAI DAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA KADER PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (PERAN HALAQAH DALAM MENANAMKAN NILAI DAN SIKAP ANTI KORUPSI PADA KADER PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran halaqah di DPD PKS Kabupaten pekalongan merupakan sebagai sarana pendidikan untuk mengoptimalkan jalannya sosialisasi politik yang sehat kepada masyarakat. Kondisi saat ini merebaknya kasus korupsi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peran Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam melaksanankan peran halaqah sebagai menanamkan nilai dan sikap anti korupsi pada kadernya.(2) Mengetahui yang diajarkan dalam halaqah yang berkaitan dengan penanaman nilai dan sikap anti korupsi. (3) Mengetahui sumbangan metode halaqah dalam pendidikan anti korupsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif fokus penelitian ini adalah peran Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam melaksanankan peran halaqah sebagai menanamkan nilai dan sikap anti korupsi pada kadernya, mengetahui materi yang diajarkan dalam halaqah yang berkaitan dengan penanaman nilai dan sikap anti korupsi, sumbangan metode halaqah dalam pendidikan anti korupsi. Sumber data sekundernya adalah dokumentasi dan buku, arsip dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Untuk validitas data, peneliti ini menggunakan teknik triangulasi sumber sebagai teknik pemeriksaan data. penelitian ini analisis yang digunakan bersifat deskriptif analisis yang dilakukan dengan 4 tahap, yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran DPD PKS di Kabupaten Pekalongan dalam melaksanakan program halaqah sebagai penanaman nilai dan sikap anti korupsi pada kader partainya, menjadi alternatif untuk membentuk manusia yang berkepribadian Islam, sebagai pembinaan kader, membahas agenda dakwah, kerja sosial. Materi-materi halaqah berpedoman pada Al-qur‟an dan Assunnah. Materi yang berkaitan dengan pendidikan anti korupsi materi taqwa, amanah, membangun kepribadian Islam, keistiqomahan, al wafa (memenuhi janji), menjaga kehalalan harta. Sumbangan halaqah berupa sikap-sikap kader Partai Keadilan Sejahtera dalam kehidupan sehari-harinya intinya takut melaksanankan hal-hal yang bersifat kemaksiatan atau perilaku negatif. Saran halaqah tetap dipertahankan dan dikembangkan tidak hanya untuk kader tetapi harus disosialisasikan kemasyarakat.penyampaian materi halaqah, murabbi dalam penyampaian materi harus lebih kreatif, menggunakan media pembelajaran yang tidak monoton sehingga para kader peserta halaqah tidak jenuh dalam pembelajaran di halaqah. Sumbangan perilaku peserta halaqah kader PKS tentunya pada sikap dan perilaku positif sifatnya jangan hanya sementara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Halaqah, Nilai dan Sikap, Anti Korupsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:27
Last Modified: 22 May 2014 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17714

Actions (login required)

View Item View Item