PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 3 DOPLANG


EMI YUNIARTI , 3301409001 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 3 DOPLANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 3 DOPLANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 3 DOPLANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mempunyai tujuan, tujuan tersebut dinyatakan dalam rumusan kemampuan atau perilaku yang diharapkan dimiliki siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar. Dalam mengadakan penilaian hasil belajar diperlukannya instrumen penilaian untuk memudahkan guru dalam mengadakan penilaian terhadap peserta didik. Instrumen penilaian bagi guru sebagai perangkat pelaksanaan pembelajaran di kelas yang tersusun atas program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan lain sebagainya. Dalam realitasnya, khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam instrumen masih banyak kekurangan. Dalam kegiatan pembelajaran instrumen yang digunakan hanya berdasarkan LKS bukan RPP dan silabus. Dalam membuat instrument terkait kisi-kisi ulangan, guru beranggapan bahwa kisi-kisi tersebut tidak begitu penting. Bagi guru yang penting dalam melaksanakan penilaian di kelas hanya untuk mencari angka atau nilai peserta didik yang berarti bahwa guru hanya mengutamakan target kurikulum. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang: (1) Bagaimanakah perencanaan instrumen penilaian pendidikan kewarganegaraan yang diselenggarakan saat ini di SMP N 3 Doplang? (2) Bagaimana pelaksanaan penyusunan instrumen penilaian pendidikan kewarganegaraan di SMP N 3 Doplang? (3) Bagaimanakah pengembangan instrumen penilaian pendidikan kewarganegaraan di SMP N 3 Doplang? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan sejauhmana perencanaan instrumen penilaian pendidikan kewarganegaraan yang diselenggarakan saat ini di SMP N 3 Doplang. (2) Mendiskripsikan pelaksanaan penyusunan instrumen penilaian pendidikan kewarganegaraan di SMP N 3 Doplang. (3) Mendiskripsikan pengembangan instrumen penilaian pendidikan kewarganegaraan di SMP N 3 Doplang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 3 Doplang, Kabupaten Blora. Dengan fokus penelitiannya adalah: perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan instrumen penilaian pendidikan kewarganegaraan. Data penelitian diperoleh dari wawancara, dokumen/ arsip, serta foto. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Dari penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian pendidikan kewarganegaraan menggunakan teknik penilaian berupa tes dan nontes. Dimana teknik tes yang digunakan adalah tes tertulis berupa tes uraian dan tes obyektif ix ix (pilihan ganda) serta teknik nontes berupa quesioner, pengamatan/ observasi, dan wawancara. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi Guru: Dalam kegiatan pembelajaran guru sebaiknya melakukan perencanaan instrumen penilaian dengan semaksimal mungkin sehingga dalam pelaksaannya dapat berjalan sesuai yang direncanakan, guru dapat meningkatkan kinerja dengan menggunakan pembelajaran yang inovatif. (2)Bagi Siswa: Bertanyalah pada guru apabila mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, aktiflah dalam proses pembelajaran pada semua mata pelajaran yang diikuti, tingkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. (3)Bagi Lembaga/ Sekolah: Manfaatkan hasil-hasil penelitian ini untuk peningkatan kualitas pembelajaran bagi semua mata pelajaran, gunakan hasi-hasil penelitian untuk landasan dan argumentasi dalam menerapkan kebijakan sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Instrumen Penilaian, PKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:27
Last Modified: 22 May 2014 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17709

Actions (login required)

View Item View Item