KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUMBANG BANYUMAS


Rintis Rizkia Pangestika, 1402408021 (2012) KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUMBANG BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUMBANG BANYUMAS]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUMBANG BANYUMAS)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran IPA hendaknya menyajikan konsep dimulai dari yang konkret ke abstrak, dari mudah ke sukar dan dari sederhana ke rumit. Salah satu metode pembelajaran yang tepat digunakan untuk pembelajaran IPA khususnya materi Daur Air adalah metode eksperimen, karena metode eksperimen adalah cara penyajian materi melalui percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Namun, pada umumnya pembelajaran IPA di sekolah dasar selama ini cenderung menggunakan metode ceramah tanpa divariasikan dengan metode-metode lain. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik menjadi kurang optimal. Permasalahan tersebut juga terjadi pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbang Banyumas. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan random sampling. Kemudian, analisis awal yang dilakukan yaitu uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda soal. Setelah soal memenuhi syarat untuk pengambilan data, peneliti baru dapat melakukan penelitian. Analisis berikutnya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji prasyarat analisis, data kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen sehingga uji hipotesisnya menggunakan statistika parametrik yaitu uji T tipe Independent Samples Test. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji T tipe Independent Samples Test, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Daur Air melalui metode eksperimen dibandingkan metode ceramah. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Daur Air melalui metode eksperimen lebih baik dibandingkan metode ceramah. Ada perbedaan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Daur Air melalui metode eksperimen dibandingkan metode ceramah. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Daur Air melalui metode eksperimen lebih baik dibandingkan metode ceramah. Hasil penelitian di atas, menunjukkan bahwa metode eksperimen efektif dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Daur Air di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbang Banyumas. Dengan demikian, diharapkan bagi para guru untuk dapat menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA khususnya materi Daur Air supaya dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik serta memperbaiki kualitas pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daur Air, Keefektifan, Metode Eksperimen
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:27
Last Modified: 22 May 2014 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item