PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH LIMBANGAN WETAN KECAMATAN BREBES
Saefani Yaroh, 1402408018 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH LIMBANGAN WETAN KECAMATAN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH LIMBANGAN WETAN KECAMATAN BREBES)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Limbangan Wetan Kecamatan Brebes tahun ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru, belum mampu menumbuhkan keaktifan siswa. Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan pendekatan pembelajaran RME dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru pada kelas IV MI Salafiyah Limbangan Wetan Kecamatan Brebes pada materi Pecahan, serta bagaimana cara meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru kelas IV MI Salafiyah Limbangan Wetan Kecamatan Brebes pada pembelajaran. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru pada pembelajaran tersebut pada siswa kelas IV MI Salafiyah Limbangan Wetan Kecamatan Brebes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salafiyah Limbangan Wetan Kecamatan Brebes tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar siswa ≥ 60, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (≥ 71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa 63,08 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,08%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 71,825% dengan kriteria tinggi, dan nilai performansi guru 80,625 (AB). Pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa 76,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 84,62%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 77,6% dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai performansi guru 89,58 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa pendekatan pembelajaran RME terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Realistic Mathematics Education. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 22 May 2014 12:30 |
Last Modified: | 22 May 2014 12:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17704 |
Actions (login required)
View Item |