PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEMANDUNGAN 01 KOTA TEGAL


Suharmani, 1402408017 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEMANDUNGAN 01 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEMANDUNGAN 01 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEMANDUNGAN 01 KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak berperan penting dalam usaha mempelajari banyak hal, khususnya di dunia pendidikan. Setiap pembelajaran di sekolah memerlukan keterampilan menyimak. Guru menyampaikan pembelajaran sebagian besar melalui ujaran atau bahasa lisan. Di sinilah keterampilan menyimak sangat dibutuhkan bagi siswa. Mengingat pentingnya keterampilan menyimak, maka keterampilan tersebut harus diajarkan sejak dini dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Masalah yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran menyimak, siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi unsur cerita. Unsur cerita itu mencakup tema, tokoh, karakter, alur, latar, dan amanat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kemandungan 01 Kota Tegal. Pengumpulan data siklus I dan siklus II dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes pilihan ganda. Teknik nontes berupa observasi dan performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Nilai tes pratindakan sebesar 65 termasuk dalam kategori cukup, sedangkan nilai ratarata pada siklus I mencapai 74,09 termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata hasil belajar keterampilan menyimak dongeng dari pratindakan ke siklus I sebesar 9,09 poin. Pada siklus II nilai rata mencapai 83,18 mengalami peningkatan sebesar 9,09 poin. Simpulan peneliti setelah membandingkan hasil belajar keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III SD Negeri Kemandungan 01 Tegal menunjukkan peningkatan setelah menggunakan media audio visual. Saran yang peneliti sampaikan adalah guru hendaknya memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran menyimak diantaranya dengan penggunaan media audio visual untu meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dongeng, hasil belajar, keterampilan menyimak, dan media audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:30
Last Modified: 22 May 2014 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17702

Actions (login required)

View Item View Item