PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM KELAS V SD NEGERI KLUWUT 04 KABUPATEN BREBES


Zella Rosita, 1402408003 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM KELAS V SD NEGERI KLUWUT 04 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM KELAS V SD NEGERI KLUWUT 04 KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM KELAS V SD NEGERI KLUWUT 04 KABUPATEN BREBES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kluwut 04 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam dan Kegunaannya masih rendah. Hal itu disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang inovatif dan cenderung monoton. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan siswa sekolah dasar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penerapan model pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V SD Negeri Kluwut 04 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Desain penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui: lembar kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan II, lembar pengamtan aktivitas belajar siswa, serta lembar pengamatan performansi guru. Metode NHT dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran IPA dan aktivitas belajar siswa apabila, hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas ≥ 70, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75% dan nilai performansi guru ≥ 71. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 71,57 dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 71,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas yakni menjadi 78,57 dan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 82,85%. Nilai rata-rata aktivitas belajar siklus I mencapai 72,41, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80. Nilai performansi guru pada siklus I yakni mencapai 82 dan siklus II meningkat menjadi 90,83. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kluwut 04 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dan kegunaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:33
Last Modified: 22 May 2014 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17698

Actions (login required)

View Item View Item