PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IV SD 4 GONDANGMANIS KUDUS


Nanda Tri Pambudi, 1401911014 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IV SD 4 GONDANGMANIS KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IV SD 4 GONDANGMANIS KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IV SD 4 GONDANGMANIS KUDUS)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SD 4 Gondangmanis masih rendah. Hasil observasi awal menunjukkan guru belum optimal menerapkan strategi ino-vatif, penggunaan media masih terbatas, rendahnya aktivitas siswa, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan ketuntasan belajar klasikal siswa hanya 42% siswa tuntas, 58% siswa tidak tuntas. Peneliti berupaya mening-katkan kualitas pembelajaran IPS melalui tipe STAD berbasis multimedia. Rumu-san masalah umum penelitian “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pa-da siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus?” yang diperinci, “Apakah melalui tipe STAD berbasis multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus?” Tujuan penelitian secara umum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS berbasis multimedia pada siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus. Tujuan khusus penelitian untuk meningkatkan keteram-pilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus satu pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas IV SD 4 Gondangmanis Ku-dus. Variabel penelitian adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SD 4 Gondangmanis Kudus . Teknik pe-ngumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 19 kategori baik, siklus 2 skor 27 kategori sangat baik, siklus 3 skor 30 kate-gori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 18,5 kategori cu-kup, siklus 2 skor 26,3 kategori baik, siklus 3 skor 33,4 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus 1 sebesar 63,15%, me-ningkat pada siklus 2 menjadi 78,94% dan meningkat pada siklus 3 menjadi 84,2%. Kesimpulan penelitian melalui tipe STAD berbasis multimedia dapat me-ningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa kelas SD 4 Gondangmanis Kudus. Disarankan agar guru mene-rapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia agar siswa dapat be-lajar aktif dan mandiri

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, Kooperatif tipe STAD berbasis multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:33
Last Modified: 22 May 2014 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17696

Actions (login required)

View Item View Item