FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2009-2010)


Fitria Kusumawardani , 7250408016 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2009-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2009-2010)]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2009-2010))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Audit delay merupakan penundaan waktu dalam pelaporan laporan keuangan, dihitung dari tanggal tutup buku laporan keuangan perusahaan sampai tanggal pelaporan laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia. Laporan keuangan harus disajikan tepat waktu kepada para investor, hal ini dikarenakan agar relevansi dari laporan keuangan tidak berkurang, atau bahkan hilang. Audit delay yang semakin pendek berarti laporan keuangan semakin dipublikasikan tepat waktu di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kondisi perusahaan, ukuran kantor akuntan publik, dan opini auditor terhadap lamanya audit delay. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2010. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga didapat sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 perusahaan. Metode analisis data penelitian ini yaitu uji prasyarat, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi perusahaan, ukuran kantor akuntan publik, dan opini auditor bersama-sama berpengaruh terhadap audit delay. Pengujian secara parsial menunjukkan kondisi perusahaan, ukuran kantor akuntan publik, dan opini auditor berpengaruh negatif terhadap audit delay. Simpulan dari penelitian ini, bahwa kondisi perusahaan, ukuran kantor akuntan publik, dan opini auditor berpengaruh terhadap audit delay. Saran bagi auditor agar mempercepat proses audit, agar dapat mempersingkat audit delay, bagi perusahaan supaya meningkatkan volume penjualan, aset perusahaan, dan modal kerja, perusahaan juga sebaiknya menggunakan jasa akuntan publik yang termasuk The Big Four sehingga mempersingkat audit delay. Bagi auditor agar lebih memahami proses pelaksanaan audit sesuai PABU, sehingga opini audit yang dihasilkan dapat dipercaya oleh pihak-pihak yang membutuhkan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audit Delay, Kondisi Perusahaan, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Opini Auditor.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:33
Last Modified: 22 May 2014 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17691

Actions (login required)

View Item View Item