PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP PENGALOKASIAN ANGGARAN BELANJA MODAL (Studi Kasus pada Pemerintahan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah)


Sheila Ardhian Nuarisa , 7250407094 (2013) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP PENGALOKASIAN ANGGARAN BELANJA MODAL (Studi Kasus pada Pemerintahan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP PENGALOKASIAN ANGGARAN BELANJA MODAL (Studi Kasus pada Pemerintahan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah)]
Preview
PDF (PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP PENGALOKASIAN ANGGARAN BELANJA MODAL (Studi Kasus pada Pemerintahan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah))
Download (814kB) | Preview

Abstract

Sejak Pemerintahan Indonesia dilanda krisis ekonomi mendorong pemerintah melepas sebagian wewenang pengelolaan keuangan kepada daerah . Otonomi daerah dimulai dengan dikeluarkannya UU No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah dan UU No. 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antar Pemerintah Daerah Pusat dan Daerah. Diberlakukannya otonomi daerah memberikan kesempatan pemerintah daerah untuk lebih mengembangkan potensi daerah, memaksimalkan pembangunan daerahnya secara optimal dan meningkatkan kinerja keuangan daerah sehingga tidak tergantung pada pemerintah pusat. Kebijakan otonomi daerah merupakan tantangan dan peluang bagi pemerintah daerah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) berpengaruh secara parsial terhadap pengalokasian anggaran belanja modal. (2) Apakah PAD, DAU dan DAK berpengaruh secara simultan terhadap pengalokasian anggaran belanja modal. Populasi dalam penelitian ini adalah dokumen Laporan Realisasi APBD pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumenter. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel PAD, variabel DAU dan variabel DAK secara simultan mempengaruhi alokasi belanja modal. Secara parsial variabel PAD berpengaruh terhadap belanja modal, variabel DAU berpengaruh terhadap belanja modal, dan variabel DAK berpengaruh terhadap belanja modal. Saran dalam penelitian ini untuk penelitian-penelitian berikutnya adalah dengan mengembangkan objek dan variabel penelitian, serta diharapkan untuk penelitian berikutnya melakukan tahun penelitian secara berperiode. Bagi Pemerintah daerah diharapkan meningkatkan komponen-komponen PAD agar PAD dapat meningkat sehingga alokasi untuk belanja modal dapat ditambah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Belanja Modal.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:38
Last Modified: 22 May 2014 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17688

Actions (login required)

View Item View Item