ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN (Studipada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra KerajinanTas Kain Kabupaten Kendal)


YAYUK WIDIYANTI , 7250406597 (2013) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN (Studipada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra KerajinanTas Kain Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN (Studipada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra KerajinanTas Kain Kabupaten Kendal)]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN (Studipada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra KerajinanTas Kain Kabupaten Kendal))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Informasi akuntansi diharapkan dapat dilaksanakan dalam berbagai organisasi karena semakin rumitnya variabel-variabel yang dihadapi termasuk dalam perusahaan kecil sekalipun.Namun diperkirakan dari seluruh UMKM di Indonesia hanya 5% yang menyelenggarkan dan menggunakan informas iakuntansi dalam pengelolaan usahanya. Tidak adanya penyelenggaraan dan penggunaan informasi akuntansi dalam pengelolaan UKM, pada dasarnya ditentukan oleh persepsi atas informasi akuntansi para pengusaha kecil dan menengah yang bertindak sebagai pembuat keputusan. Berdasar hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh skala usaha, umur perusahaan, pengetahuan akuntansi, dan pengalaman dalam informasi akuntansi terhadap persepsi pengusaha kecil dan menengah atas Informasi di Sentra KerajinanTas Kain Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha kecil dan menengah diSentra Kerajinan Tas Kain Kabupaten Kendal yang terdaftar sebagai anggota paguyuban yang berjumlah 31 pengusaha. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survey lapangan menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan α 0.05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pengusaha kecil dan menengah di Sentra Kerajinan Tas Kain Kabupaten Kendal memiliki persepsi yang netralatasi nformasi akuntansi. Berdasarkan hasil uji regresi berganda, secara simultan diperoleh nilai sig.0.051<α 0.05 dan secara parsial di peroleh nilai sig. skala usaha 0.398 > α 0.05, nilai sig. umur perusahaan 0.562 > α 0.05, nilai sig. pengetahuan akuntansi 0.265 > α 0.05, dan nilai sig. pengalaman dalam informasi akuntansi 0.503 >α 0,05. Berdasarkan ha ltersebut maka dapat diketahui bahwa akan terjadi peningkatan persepsi pengusaha kecil dan menengah atas informasi akuntansi (Y) setiap terjadi peningkatan pada umur perusahaan (X2), variable pengetahuan akuntansi (X3) dan pengalaman dalam informasi akuntansi (X4). Dan jika semua variable independen dianggap konstan maka nilai variable persepsi pengusaha kecil dan menengah atas informasi akuntansi (Y) sebesa nilai konstantanya yaitu 21,947. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu agar pihak-pihak yang terkait dengan pengembangan dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah di Kabupaten Kendal dapat memberikan pelatihan akuntansi pada para pengusaha kecil dan menengah di Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi,Usaha Kecil dan Menengah, Informasi Akuntansi, Skala Usaha, Umur Perusahaan, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman dalam Informasi Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:38
Last Modified: 22 May 2014 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17685

Actions (login required)

View Item View Item