PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA KARTU KATA SISWA KELAS IIIA SDN PETOMPON 02 SEMARANG

1401409149, DEWI RAHMA ARDIYANI (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA KARTU KATA SISWA KELAS IIIA SDN PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA KARTU KATA SISWA KELAS IIIA SDN PETOMPON 02 SEMARANG)
Download (2042Kb)

    Abstract

    Berdasarkan data hasil observasi di kelas IIIA SDN Petompon 02 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran. Pembelajaran bahasa Jawa kurang menerapkan variasi model pembelajaran dan media, sehingga siswa cenderung kurang aktif. Siswa mengalami kesulitan menghafalkan huruf aksara Jawa, membedakan huruf aksara Jawa, dan membaca aksara Jawa. Hasilnya 60% siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 63. Rumusan masalah adalah: apakah model Quantum Learning dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas IIIA SDN Petompon 02 Semarang?. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas IIIA SDN Petompon 02 Semarang. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IIIA SDN Petompon 02 Semarang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru. Pada siklus I skor 24 kategori baik, siklus II skor 31 kategori baik, dan siklus III skor 38 kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I skor rata-rata 16,8 kategori cukup, siklus II skor rata-rata 20,1 kategori baik dan siklus III skor rata-rata 24,3 kategori sangat baik. Hasil belajar berupa keterampilan membaca aksara Jawa siswa siklus I ketuntasan belajar mencapai sebesar 67,5%, Siklus II sebesar 85% dan pada siklus III sebesar 92,5%. Pada siklus III sudah memenuhi kriteria sehingga tidak dilakukan tindakan siklus berikutnya. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan model Quantum Learning dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas IIIA SDN Petompon 2 Semarang. Saran bagi guru sebaiknya menerapkan model Quantum Learning dan mengembangkan media kartu kata pada mata pelajaran yang lain, maupun materi yang lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: membaca Jawa, Quantum Learning, kartu kata
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:38
    Last Modified: 22 May 2014 08:38

    Actions (login required)

    View Item