PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VB SD N SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG


INGGIT ASIH PAWESTRI, 1401409142 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VB SD N SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VB SD N SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VB SD N SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan karakter bangsa demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang variatif yang dapat manarik minat siswa, guru juga belum menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa. Maka perlu alternatif perbaikan dengan menggunakan model Direct Instruction berbasis Multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Direct Instruction dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang ?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn dengan menerapkan model Direct Instruction Berbasis Multimedia pada siswa kelas VB SD N Sampangan 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Direct Instruction berbasis Multimedia yang terdiri dari tiga siklus. Suyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD N Sampangan 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) keterampilan guru pada siklus I skor 21 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II rata-rata skor 27 dengan kategori baik kemudian pada siklus III meningkatdengan skor 32dalam kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I skor rata-rata skor 20,74 kategori baik di siklus II dengan rata-rata skor 21,38 kategori baik siklus III rata-rata skor siswa 23,02 kategori baik.(3) hasil belajar siswa dari kondisi prasikus dengan presentase ketuntasan belajar 40% menjadi 66,66% pada siklus I dan 75% pada siklus II dan di siklus III ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 94,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Direct Instruction berbasis Multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar memilih model pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran PKn, model Direct Instruction, multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:38
Last Modified: 22 May 2014 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17681

Actions (login required)

View Item View Item