PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG


1401409140, Desy Pratika Reni (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Gajahmungkur 02 diketahui kemampuan siswa dalam menulis puisi belum optimal. Siswa cenderung memilih diksi yang kurang tepat, keberanian siswa mengungkapkan ide masih kurang ser-ta perolehan hasil menulis puisi 12 dari 20 siswa belum mencapai KKM yaitu 67. Dengan kendala tersebut, guru harus bisa memilih teknik yang tepat untuk pembe-lajaran menulis puisi. Salah satu teknik yang tepat yaitu teknik akrostik dengan media lagu. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi:(1)Apakah teknik akrostik dengan media lagu dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menge-lola pembelajaran menulis puisi? (2) Apakah teknik akrostik dengan media lagu dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 dalam menu-lis puisi? (3) Apakah teknik akrostik dengan media lagu dapat meningkatkan kete-rampilan siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 dalam menulis puisi? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa melalui teknik teknik akrostik dengan media lagu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi serta dilak-sanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan nontes yang dianalisis dengan cara analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa persentase keterampilan guru me-ningkat, siklus I sebanyak 61% kategori baik dan pada siklus II menjadi 81% kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat, yaitu 66% siklus I dengan kategori baik dan 75% pada siklus II kategori sangat baik. Selain itu, keterampilan siswa dalam menulis puisi meningkat, yakni ketuntasan klasikal 65% (belum tuntas) siklus I dan ketuntasan klasikal sebesar 87,5% (tuntas) pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik akrostik dengan media lagu dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keteram-pilan menulis puisi. Peneliti menyarankan agar guru menerapkan model pembela-jaran yang bervariasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, teknik akrostik dengan media lagu, siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:38
Last Modified: 22 May 2014 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17680

Actions (login required)

View Item View Item