PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV D SD HJ ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG


DIKA PRESTAMA , 1401409I38 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV D SD HJ ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV D SD HJ ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV D SD HJ ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal di kelas IV D SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Guru belum menggunakan inovasi dalam pembelajaran, siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran PKn. Hasil belajar mayoritas siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk memperbaiki dilakukan penelitian melalui model Cooperative Learning tipe NHT dengan media CD Pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Cooperative Learning tipe NHT dengan media CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV D SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVD SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang berjumlah 28 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 29 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 13,85 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 20,07 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 27,23 dengan kategori baik (3) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 26,9% dengan kualifikasi tidak tuntas, pada siklus II sebesar 39,3% dengan kualifikasi tidak tuntas dan pada siklus III sebesar 86,9% dengan kualifikasi tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Cooperative Learning tipe NHT dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV D. Saran dari peneliti adalah melalui model Cooperative Learning tipe NHT dengan media CD pembelajaran ini semoga dapat memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadi bahan kajian serta referensi untuk penelitian selanjutnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, PKn, NHT, CD pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 12:42
Last Modified: 22 May 2014 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17679

Actions (login required)

View Item View Item