PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI NGALIYAN 01 SEMARANG

1401409134, ANGELIA PUSPITA SARI (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI NGALIYAN 01 SEMARANG)
Download (4Mb)

    Abstract

    masalah dalam pembelajaran di kelas VB semester 1 tahun 2012/2013: Guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Guru hanya menggunakan alat peraga berupa gambar. Pembelajaran yang demikian menyebabkan aktivitas siswa kurang terlihat sehingga hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media Video Pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang?”. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan kualitas pembelajaran IPSmelalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media video pembelajaran pada siswa kelas VB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media video pembelajaranyang diterapkan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDNegeri Ngaliyan 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru dalam siklus I pertemuan pertama mendapat skor23(baik), kemudian meningkat pada siklus I pertemuan keduamenjadi 27 (baik), siklus II pertemuan pertama mendapat skor 30 (sangat baik), dan siklus II pertemuan keduamendapat skor35 (sangat baik). (2) Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mendapat skor 21,8 (cukup), kemudian meningkat pada siklus I pertemuan kedua menjadi 25,3 (baik), siklus II pertemuan pertama mendapat skor 28,6 (baik), dan siklus II pertemuan kedua mendapat skor 32 (sangat baik). (3) Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I pertemuan pertama sebesar 54%, kemudian meningkat pada siklus I pertemuan kedua menjadi 74 %, siklus II pertemuan pertama sebesar 77%, dan pada siklus II pertemuan kedua sebesar 91%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80% telah terpenuhi sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media video pembelajarandapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media video pembelajaran dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas PembelajaranIPS, model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Media video pembelajaran.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:42
    Last Modified: 22 May 2014 08:42

    Actions (login required)

    View Item