PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 SEMARANG

1401409133, Muhammad Zaky Abdulloh (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 SEMARANG)
Download (2148Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh refleksi di kelas V SDN Kandri 01. Kurangnya minat belajar siswa dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA masih sangat kurang, guru masih menggunakan metode pengajaran yang kurang inovatif, kurang dimaksimalkannya alat peraga, dan siswa sering gaduh pada saat kegiatan pembelajaran IPA. Hasil belajar siswa belum optimal, ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebanyak 44%. Untuk memperbaiki dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model kooperatif tipe GI dengan media CD Pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model kooperatif tipe GI dengan media CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru , aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Kandri 01. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN kandri 01. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor 26 dengan kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 30 dengan kriteria baik, (2) Aktivitas siswa pada siklus I skor yang diperoleh 20,87 atau 52% dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 25,70 atau 64,25% dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus III memperoleh skor 29,51 atau 73,77% masuk dalam kriteria baik. (3) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 61,29%, siklus II sebesar 70,96%, siklus III sebesar 80,64% Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe GI dengan media CD Pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA meliputi aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kandri 01. Saran yang diberikan adalah agar model kooperatif tipe GI dengan media CD pembelajaran dapat dijadikan acuan guru sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, Media CD pembelajaran, Group Investigation
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:42
    Last Modified: 22 May 2014 08:42

    Actions (login required)

    View Item