PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SD NEGERI KEBOGADUNG 02 BREBES


Catur Wiji Kurniasih, 1401910043 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SD NEGERI KEBOGADUNG 02 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SD NEGERI KEBOGADUNG 02 BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SD NEGERI KEBOGADUNG 02 BREBES)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal di SD Negeri Kebogadung 02 Brebes ditemukan berbagai masalah dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III antara lain: didalam pembelajaran guru menggunakan metode tidak sesuai dengan materi. Sehingga mengolah kelas kurang maksimal yang menjadikan siswa tidak aktif, kuarang kritis, bahkan siswa tidak menguasai matematika pecahan. Faktor tersebut mengakibatkan pada hasil belajar siswa rendah. Dengan melalui pendekatan kontekstual dengan media cd interaktif merupakan aternatif solusi untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran Matematika pecahan pada SD Negeri Kebogadung 02. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan metode demonstrasi berbasis lingkungan. Penelitian dilakukan di SD Negei Kebogadung 02 Brebes, dengan subjek penelitian kelas III dengan jumlah 9 siswa, terdiri dari 5 laki-laki dan 4 perempuan. Variabel yang digunakan adalah aktivitas siswa, keterampilan guru,dan hasil belajar siswa. Sumber data berasal dari guru, foto, dan instrumen yang digunakan adalah observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 16 dengan kreteria kurang, Siklus II memperoleh skor 20 dengan kreteria cukup, dan siklus III memperoleh skor 30 dengan kreteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 17 dengan kreteria cukup, siklus II mendapat skor 23 dengan kreteria baik,. Hasil belajar siswa setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal 60%, siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 85%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual dapat berhasil, sehingga dapat dijadikan salah satu aternatif solusi untuk meningkatkan pembelajaran Matematika di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran Mateatika dengan pendekatan kontekstual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:42
Last Modified: 22 May 2014 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item