PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI GEBUGAN 03 BERGAS KAB. SEMARANG


M. Agus Miftachuddin, 1401910031 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI GEBUGAN 03 BERGAS KAB. SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI GEBUGAN 03 BERGAS KAB. SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI GEBUGAN 03 BERGAS KAB. SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Standar isi Permendiknas Nomor 22 tahun 2006, IPA dipelajari mulai SD agar dapat memahami pembelajaran dengan baik dan merupakan cabang pengetahuan berawal dari fenomena alam. Penelitian dilatar belakangi kurangnya motivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan rendahnya ketuntasan belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gebugan 3 Bergas Kab. Semarang yaitu 57,14%. Rumusan masalah yaitu apakah model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Gebugan 03 Bergas Kab. Semarang? Untuk pemecahan masalah, peneliti memilih penerapan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Gebugan 03 Bergas Kab. Semarang dengan langkah a) Fase 1 (Reading), b) Fase 2 (Expert Group Discussions), c) Fase 3 (Team reports), d) Fase 4 (Assessment), e) Fase 5 (Team recognition). Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Gebugan 03 Bergas Kab. Semarang. Manfaat penelitian yaitu meningkatkan kinerja guru, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, sebagai bahan masukan dalam perbaikan pembelajaran. Metodologi penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar yaitu: (a) keterampilan guru siklus I skor rata-rata 23,5 persentase 65,28% kriteria baik dan siklus II skor rata-rata 28,5 persentase 79,17% kriteria sangat baik, (b) aktivitas siswa siklus I skor rata-rata 12,21 persentase 61,07% kriteria baik dan siklus II skor rata-rata 15,93 persentase 79,64% kriteria sangat baik, (c) hasil belajar siswa nilai rata-rata siklus I sebesar 85,62 persentase ketuntasan 95,24% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 90,52 persentase 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu keterampilan guru dengan persentase 79,17% kriteria sangat baik, aktivitas siswa dengan persentase 79,64% kriteria sangat baik, dan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 100%. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan pada pembelajaran yang lain melalu model kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Model Kooperatif Tipe Jigsaw.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:45
Last Modified: 22 May 2014 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item