PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD 2 GRIBIG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS


PUTIK PUSPITA SARI, 1401910030 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD 2 GRIBIG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD 2 GRIBIG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD 2 GRIBIG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas IV SD 2 Gribig menunjuk kan hasil belajar siswa yang belum maksimal, hal ini dapat dilihat dalam pencapai an ketuntasan klasikal yang diperoleh 39% dengan implikasi aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS khususnya Sumber daya alam cenderung pasif, guru belum bervariasi dalam menggunakan metode dalam pembelajaran. Adapun cara untuk mengatasi permasalah tersebut melalui tipe STAD ini, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam hal ini meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD 2 Gribig. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apakah melalui Pendekatan Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS dikelas IV SD 2 Gribig ? 2). Apakah melalui Pendekatan Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dikelas IV SD 2 Gribig? 3). Apakah melalui Pendekatan Kooperatif tipe STAD dapat meningkat kan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas IV SD 2 Gribig? Metode penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus, setiap siklus 2 pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD 2 Gribig tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa 18 terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data dengan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS. Siklus I rata-rata keterampilan guru 61% dengan kategori cukup, siklus II 91% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa siklus I memperoleh 62% dengan kategori cukup, siklus II memperoleh 76% dengan kategori baik. Hasil secara keseluruhan keterampilan guru dan aktivitas siswa sudah baik. Siswa kelas IV SD 2 Gribig dalam mempelajari pembelajaran IPS dengan hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 39%, siklus 2 memper oleh rata-rata 87 dengan ketuntasan klasikal 89%. Simpulan dalam penelitian ini bahwa pembelajaran IPS dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa dalam menerapkan pendekatan tipe STAD dapat diterapkan sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif, STAD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:45
Last Modified: 22 May 2014 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17667

Actions (login required)

View Item View Item