PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN GEBUGAN 03 KABUPATEN SEMARANG


UJI APRIYANTI, 1401910027 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN GEBUGAN 03 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN GEBUGAN 03 KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN GEBUGAN 03 KABUPATEN SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar siswa kelas IV SDN Gebugan 03 Kabupaten Semarang matematika dianggap mata pelajaran yang paling sulit oleh siswa sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Hal ini ditunjukan dari 20 siswa, yang mendapatkan nilai di atas 60 ada 7 siswa (30%) dan 13 siswa (70%) mendapatkan nilai di bawah 60. Nilai tersebut tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk mata pembelajaran matematika yaitu 60. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa dalam menerapakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gebugan yang terdiri dari 20 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 12 siswa dan 8 siswa perempuan, tetapi pengamatan difokuskan pada 7 siswa, dan pembelajaran dilakukan pada semua siswa. Variabel / faktor yang diselidiki penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes dan foto kegiatan dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan keterampilan guru yaitu pada siklus I skor rata-rata adalah 3,30 dengan kriteria baik, pada siklus II skor rata-rata adalah 3,6 dengan kritera sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatkan yaitu pada siklus I skor rata-rata adalah 2,87 dengan kriteria baik, pada siklus II skor rata-rata adalah 3,4 dengan kriteria sangat baik, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 57%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar adalah 76 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 89% dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian mengenai peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebugan 03 Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Pendekatan CTL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:46
Last Modified: 22 May 2014 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17666

Actions (login required)

View Item View Item