PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA PUZZLE PIRAMIDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEGIATAN PEMANFAATAN SDA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG


INDAH DWI ASTUTI, 1401910021 (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA PUZZLE PIRAMIDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEGIATAN PEMANFAATAN SDA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA PUZZLE PIRAMIDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEGIATAN PEMANFAATAN SDA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA PUZZLE PIRAMIDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEGIATAN PEMANFAATAN SDA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG)
Download (11MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 46 dengan standar KKM 63. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang memperoleh nilai ≥ 63 adalah 16 dari 35 siswa, sehingga ketuntasan klasikalnya 46% Nilai rendah tersebut karena kurangnya pemahaman siswa yang disebabkan pembelajaran IPS selama ini banyak siswa yang perhatiannya kurang terpusat bahkan sering ramai berbicara yang tidak ada hubungannya dengan materi pelajaran , sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu apakah model pembelajaran Problem Solving ( PS) dapat meningkatkan belajar IPS siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang ?. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Problem Solving Subyek penelitian adalah Guru dan siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang yang banyaknya 35 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus. Data yang digunakan teknik pengumpul data dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal. Sebelum diberikan tindakan atau siklus I, aktivitas guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase aktivitas guru skor yang dicapai 29 berkategori baik meningkat menjadi 34 berkategori sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase aktivitas siswa mendapat skor nilai 25 dengan kategori baik mendapat skor nilai 37 dengan kategori sangat baik. Selain aktivitas siswa, persentase ketuntasan belajar klasikal hanya sebesar 46% meningkat menjadi 74 % pada siklus I. Setelah siklus Ii, persentase ketuntasan belajar klasikal juga meningkat menjadi 88%. Simpulan Penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui model Problem Solving dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di SDN Tugurejo 01. Disarankan guru setiap pembelajaran perlu merencanakan strategi pembelajaran serta mempersiapkan media pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Solving, Media Puzzle, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:49
Last Modified: 22 May 2014 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17664

Actions (login required)

View Item View Item