PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 02 KABUPATEN SEMARANG


ARIF GUNAWAN, 1401910015 (2013) PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 02 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 02 KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 02 KABUPATEN SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar merupakan pelajaran yang tersusun secara sistematis, komprehensif dan terpadu. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan dengan menggunakan bantuan media pembelajaran. Sedangkan penyampaian guru hanya bersifat verbalisme tanpa pengertian yang konkret. Hasil pengamatan pembelajaran IPS di kelas V SDN Plumbon 02 Kabupaten Semarang menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS sebagai berikut, guru belum menggunakan media saat menyampaikan materi, belum terbiasanya menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Guna meningkatkan pembelajaran di kelas tersebut peneliti menerapkan model CTL menggunakan CD interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model CTL menggunakan CD interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, serta hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Plumbon 02 Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar, serta hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Plumbon 02 Kabupaten Semarang melalui model CTL dengan menggunakan CD interaktif. Penelitian ini menggunakan rancangan peneltian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Plumbon 02 Kab. Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus I rata-rata 2.87 kategri baik, pada siklus II rata-rata 3.88 kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa belajar rata-rata 2.83 kategori baik, pada siklus II rata-rata 3.64 kategori baik sekali. (3) Ketuntasan belajar klasikal dari 28 siswa pada siklus I sebanyak 22 anak (78.57%), dan meningkat pada siklus II sebanyak 25 anak (89.19%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL menggunakan CD interaktif dapat meningkatkan pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa SDN Plumbon 02 Kabupaten Semarang. Berdasarkan simpulan tersebut, saran peneliti adalah: model CTL menggunakan CD interaktif dapat memfasilitasi siswa belajar mandiri dan menarik perhatian siswa melalui tampilan yang bagus sehingga sangat baik jika diterapkan dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontekstual menggunakan CD interaktif, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:46
Last Modified: 22 May 2014 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17663

Actions (login required)

View Item View Item