PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I MARON


YUSTIKA PURNAMASARI, 1401909072 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I MARON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I MARON]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I MARON)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V SD Negeri I Maron, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo diketahui bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guru masih menggunakan sistem mengajar konvensional yang bersifat guru sentris dan belum melaksanakan pembelajaran inovatif. Selama KBM, siswa belajar secara individual dan mendengarkan penyampaian materi dari guru. Proses pembelajaran terasa sangat monoton dan kurang interaktif sehingga menyebabkan siswa pasif mengikuti pembelajaran dan berimbas pada rendahnya keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menentukan rancangan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TS. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimanakah keterampilan guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan menerapkan model TS?; 2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam kegiatan pembela-jaran keterampilan berbicara dengan menggunakan TS?; 3) Apakah dengan model pembelajaran TS dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri I Maron? Tujuan umum peneliti ini adalah untuk meningkatakan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri I Maron. Adapun tujuan khususnya adalah:1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara; 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa; 3) Mendeskripsikan pe-ningkatan keterampialn berbicara siswa. Peneliti ini dilakukan di SD Negeri I Maron pada siswa kelas V dengan jumlah 24 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapantahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, tes, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian yag diperoleh adalah :1) Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 21,48 dengan kategori baik (B) dan meningkat menjadi 26,13 dengan kategori sangat baik pada siklus kedua; 2) Hasil observasi keterampilan guru pada siklus satu memperoleh skor 52,00 dengan kategori sangat baik dan meningkat pada siklus kedua dengan jumlah skor 54,50 dengan kategori sangat baik; 3) Hasil belajar yang berupa keterampilan berbicara siswa pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 76,15 dan pada siklus kedus meningkst menjadi 81,92 dengan KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe TS dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri I Maron. Serta hasil penelitian ini dapat dijadikan suatu rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Model Kooperatif tipe TS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:51
Last Modified: 22 May 2014 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17660

Actions (login required)

View Item View Item