PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI CANDIREJO 01 KECAMATAN BAWANG BATANG


META UTAMININGSIH, 1401909027 (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI CANDIREJO 01 KECAMATAN BAWANG BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI CANDIREJO 01 KECAMATAN BAWANG BATANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI CANDIREJO 01 KECAMATAN BAWANG BATANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di SD bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, serta memiliki keterampilan untuk mengkaji dan memecahkan masalah sosial di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SDN Candirejo 01 pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dan (3) meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, melalui model pembelajaran role playing. Penelitian dilaksanakan di SDN Candirejo 01 Batang, dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes tertulis, lembar observasi keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran role playing, dapat : (1) meningkatkan aktivitas siswa, dapat dilihat dari siklus I aktivitas siswa hanya 43%, siklus II 69%, pada siklus III menjadi 88%, (2) meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Terbukti dari hasil observasi keterampilan guru pada siklus I 54%, siklus II 72%, dan pada siklus III meningkat menjadi 91%, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa. Sesuai analisis data nilai rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I 68, siklus II 71, dan siklus III 76, dengan persentase ketuntasan belajar 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDN Candirejo 01. Saran bagi guru, dapat menerapkan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, karena model pembelajaran role playing lebih banyak memungkinkan siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antar siswa maupun siswa dengan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Role Playing, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:51
Last Modified: 22 May 2014 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17659

Actions (login required)

View Item View Item