PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02 SEMARANG

ADIK RIAN SAPUTRA, 1401409404 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH SISWA KELAS VB SDN WONOSARI 02 SEMARANG)
Download (5Mb)

    Abstract

    Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang, ditemukan berbagai masalah pada mata pelajaran bahasa Jawa. Proses pembelajaran belum menggunakan metode yang sesuai dengan materi, media belajar yang digunakan masih kurang inovatif, dan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui Model Direct Instruction dengan media Macromedia Flash dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa di kelas VB SDN Wonosari 02? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa aspek menulis aksara Jawa di kelas VB SDN Wonosari 02. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 29 peserta didik terdiri dari 19 siswi dan 10 siswa kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I mencapai keberhasilan 61%, pertemuan II mencapai 77%, siklus II pertemuan I mencapai 84%, dan pertemuan II mencapai 89%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I mencapai keberhasilan 61,3%, pertemuan II mencapai 80,3%, siklus II pertemuan I mencapai 82,7%, dan pertemuan II mencapai 86,2%. Hasil belajar keterampilan menulis aksara Jawa mengalami peningkatan. Siklus I pertemuan I mencapai ketuntasan klasikal 51,7%, pertemuan II mencapai 68,9%, siklus II pertemuan I mencapai 82,7%, dan pertemuan II mencapai 96,5% dengan KKM ≥61. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui Model Direct Instruction dengan media Macromedia Flash dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis siswa pada siswa kelas VB SDN Wonosari 02 kota Semarang. Saran peneliti yaitu hendaknya guru menerapkan pembelajaran inovatif sesuai dengan materi pembelajaran, salah satunya melalui model pembelajaran Direct Intruction dengan media Macromedia Flash.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Direct Instruction, media Macromedia Flash, keterampilan menulis.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 08:51
    Last Modified: 22 May 2014 08:51

    Actions (login required)

    View Item