PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG


DONI PRASETYO WIBOWO, 1401409399 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahan tulis. Berdasarkan hasil refleksi awal yang dilakukan peneliti pada pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh data bahwa keterampilan membaca pemahaman di kelas VA SDN Purwoyoso 03 Semarang masih rendah. Pem-belajaran banyak diwarnai dengan ceramah, guru kurang menggunakan variasi dalam pembelajaran, sehingga siswa menjadi bosan dan malas belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah cara meningkat-kan kualias pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi PQ4R dengan media visual pada siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 Semarang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 sebanyak 34 siswa yang terdiri atas 17 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Jumlah skor keterampilan guru siklus I 20 dengan kriteria Cukup, dan pada siklus II mngalami peningkatan dengan skor 27.5 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh rerata skor 19,06 dengan kriteria Cukup,pada siklus II mengalami peningkatan dengan rerata skor 24.82 dengan kriteria Baik . Ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I pertemuan pertama sebesar 53%, pertemuan kedua sebesar 59%, siklus II, pertemuan ketiga sebesar 73,5%, dan pertemuan keempat sebesar 85,29%. Dan pada siklus I keterampilan membaca pemahaman memperoleh rerata skor 8.85 dengan kriteria Baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 12.86 dengan kriteria Baik. Kesimpulan yang diperoleh yaitu strategi PQ4R dengan media visual dapat me-ningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 Semarang. Saran yang diberikan sebaiknya guru mengoptimal keterampilan dasar me-ngajar dalam mengelola pembelajaran, sebaiknya siswa aktif menyalurkan pendapat, serta dalam membaca pemahaman sebaiknya menggunakan strategi PQ4R dengan media visual karena siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya terpaku dengan buku sumber.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Media Visual, PQ4R
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:51
Last Modified: 22 May 2014 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17656

Actions (login required)

View Item View Item