PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KANDRI 01


MURNISA, 1401409395 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KANDRI 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KANDRI 01]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KANDRI 01)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di SD bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa pada siswa. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Kandri 01 Semarang, keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi masih rendah. Sebanyak 19 siswa (52,8%) dari 36 siswa masih mendapat nilai rata-rata ulangan harian di bawah KKM (65). Hal tersebut dikarenakan, keterampilan guru dalam penerapan model dan media pembelajaran masih kurang. Peneliti menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan media Audio Visual untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Think Pair Share dengan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kandri 01. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan narasi. Pada siklus I pertemuan 1, keterampilan guru memperoleh skor 25 dengan kriteria cukup, meningkat pada pertemuan 2 menjadi 31 dengan kriteria baik. Pada siklus II pertemuan 1, memperoleh skor 35 dengan kriteria sangat baik, meningkat pada pertemuan 2 menjadi 37 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1, memperoleh skor rata-rata 23,2 dengan kriteria cukup, meningkat pada pertemuan 2 menjadi 28,1 dengan kriteria cukup. Pada siklus II pertemuan 1, memperoleh skor rata-rata 24,8 dengan kriteria baik, meningkat pada pertemuan 2 menjadi 29,6 dengan kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 70,6% dengan rata-rata 65,7, meningkat pada pertemuan 2 menjadi 75% dengan rata-rata 67,9. Pada siklus II pertemuan 1, ketuntasan hasil belajar siswa adalah 81,3% dengan rata-rata 69,8, meningkat pada pertemuan 2 menjadi 85,7% dengan rata-rata 72,4. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dengan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Saran bagi guru adalah sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran dan media yang tepat sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Salah satunya adalah model Think Pair Share dan media Audio Visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan narasi, modelThink Pair Share, media Audio Visual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:51
Last Modified: 22 May 2014 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17655

Actions (login required)

View Item View Item